Parit Beton Yang Menjadi Tanggungjawab Kabupaten di Bangun Dengan Dana ADG

Aceh Timur, wartapolri.com – Sebagian masyarakat mempertanyakan soal pembangunan parit beton yang menggunakan Dana Alokasi Gampong(ADG) penggelontoran dana desa untuk membiayai pekerjaan fasilitas yang sebenarnya menjadi tanggungjawab kabupaten tersebut menjadi pertanyaan besar oleh sejumlah kalangan masyarakat.

Hal tersebut terjadi digampong Paya Bili Dua kecamatan Birem Bayeun Aceh timur pembangunan parit beton menggunakan dana desa yang telah diplot kan hingga rarzsan juta rupiah, sedang kapasitas jalan tersebut adalah merupakan jalan tipe C yang menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten.” Denikian ucap warga yang enggan disebut namanya.Senin 19/02/2024.

“Yang kami tau jalan itu adalah menjasi tanggungjawab pemkab Aceh timur bukan tanggungjawab gampong, yang harus digelomtorkan melalui dana ADG, sementara masih banyak yang menjadi skala prioritas harus didana oleh pemerintahan gampong,”ucapmya.

“Sejumlah jalan dan paret jalan dusun/lorong lorong digampong tersebut terlihat sangat kumuh dan sangat memprihatinkan, ini mengapa harus sarana yang menjadi tanggungjawab kabupaten.”imbuhnya lagi.

“Yang kami tau, jalan tersebut merupakan jalan lintas menuju kota Langsa dan kecamatan, dan setiap hari puluhan truk pengangkut buah kelapa sawit milik sejumlah peruhaan swasta dan BUMN yang melintas, seharusnya mereka(red-perusahaan) itu turut memelihara dan merawat jalan dimaksud.”jelasnya.

Disisi lain,” Wira salah seorang warga yang meruoakan salah satu aktivis saat dimintai tanggapanya mengatakan,”Ya itu saya tidak paham kalau ADG digunakan untuk membiayai sarana umum yang menjadi tanggungjawab kabupaten, itu semua bisa dipertanyakan kepada keuchik (kepala desa) setempat, karena saya tidak ada kapasitas apaoun digampong tersebut saya hanya sebagai rakyat biasa dan tidak pernah ada terlibat segala hal urusan gampong jadi saya tidak mau mencampuri segala urusan digampong itu,”ujar Wira Senin 19/02/2024.

“Disamping itu juga, selain keuchik yang bertanggungjawab juga kaur nya yang membidangi nya.saya cukup jadi penonton budiman,”katanya.

Beberapa waktu lalu juga ada teman2 mesia yang mengkonfirmasi pak keuchik dan beliau ada menghubungi saya tapi saya untuk minta tolong, tapi saya sampaikan sama beliau saya tidak paham dengan persoalan nya,”kata Wira.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai