Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Bawah Mendukung Program Transisi PAUD Hingga Jenjang SD Tahun 2024

Aceh Singkil,wartapolri.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan kebijakan tentang Gerakan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Dasar (SD) yang Menyenangkan pada Maret 2023 sebagai bagian dari gerakan Merdeka Belajar. Kebijakan ini bertujuan untuk mengatasi miskonsepsi terkait kemampuan yang dibangun pada anak di PAUD, adapun acara kegiatan pelatihan ini berlangsung di Island Hotel Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil pada Jum’at (28/06/2024)

Sementara hasil studi Kemendikbudristek mengungkapkan bahwa masih ada pemahaman yang keliru bahwa tes yang sangat berfokus pada kemampuan baca, tulus, & hitung, (Calistung) adalah satu-satunya bukti keberhasilan bekajar, sehingga model tes, Calistung ini masih ditetapkan sebagai syarat masuk SD. Penguatan terkait pentingnya menjalankan proses pembelajaran dengan mengedepankan kemampuan fondasi sangat penting bagi guru SD kelas awal, bukan hanya guru PAUD, untuk menyasar kemampuan fondasi dalam pembelajara bukanhanya berfokus pada vaca tulus & hitung namun juga harus lebih holisik.

Masa transisi dari PAUD ke SD, merupakan momen penting bagi pertumbuhan & perkembangan anak untuk itu, sudah sepantasnya satuan pendidikan di indonesia memastikan proses ini berjalan secara baik & mendukung terbentuknya kemampuan fondasi yang kokoh bagi anak-anak pada jenjang pendidikan PAUD maupun SD.

Dalam gerakan merdeka belajar episode ke-24 terdapat tiga target perubahan dapat tercapai di tahun ajaran baru. target tersebut,

1. menghilangkan tes Calistung dalam masa penerimaan siswa baru,

2. menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS)

3. berharap satuan PAUD & SD dapat menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan untuk membangun kemampuan fondasi.

Tiga target tersebut dirumuskan untuk mengatasi kesalahpahaman tentang kemampuan Calistung. Ketiga target itu juga mengingatkan masyarakat bahwa setiap anak memiliki laju perkembangan & kesempatan belajar yang beragam, sehingga kemampuan fondasi yang utuh perlu dibangun sejak PAUD & berlanjut Ke kelas awal pada jenjang pendidikan dasar target inilah yang memandu para pendidik menerapkan praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak di PAUD hingga jenjang pendidikan dasar kelas awal.(***)

Pewarta : Khalikul Sakda.

Mungkin Anda Menyukai