Kades Lae Balno Memprogramkan Kegiatan Rutin Gotong Royong Jumat Bersih 

Aceh Singkil, wartapolri.com – Kepala Desa Lae Balno Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Munawir, S.Tumangger  Sejak dilantik menjadi Kepala Desa Lae Balno, beliau memprogram kegiatan gontong Royong Jumat bersih, diwilayah kerjanya, pada jumat (07/06/2024)

Adapun Pelaksanaan kegiatan gontong Royong Jumat bersih ini, dihadiri oleh. Camat danau Paris, H. Bungaran Tumangger SE, Kapolsek Danau Paris. IPDA. Ardiansyah.SH, Imam mukim biskang Pintar berutu, dan Bhabinkamtibmas, Bripda Reza.

Dalam pelaksanaan kegiatan gontong Royong Jumat bersih tersebut, masyarakat kampung Lae balno, kecamatan danau Paris kabupaten Aceh Singkil, sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan gontong Royong Jumat bersih tersebut,

Kegiatan gontong Royong Jumat bersih ini,di pusatkan di dusun suka maju, sepanjang jalan Iskandar muda Singkil -sibolga,

Sekretaris Desa (Sekdes) Lae Balno, Ponisan Barasa, mengatakan, kepada aeak media ini, adapun kerja bakti atau gotong royong program dari Kepala Desa yang baru terpilih ini,” ungkapnya,

Kata dia, “dimana rutin dilakukannya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini rentan dengan berbagai penyakit, seperti penyakit Demam Berdarah (DBD).

Ponisan menambahkan, “Salah satu agenda rutin. Selain itu, kerja bakti ini juga membersihkan rumput yang ada di sepanjang jalan lintas iskandar muda singkil=sibolga tepatnya depan pemukiman warga.

Membersihkan rumput atau sampah yang ada disepanjang jalan, hal ini untuk memperindah dan kerapian disepanjang jalan,” terang Sekdes Ponisan.

Apabila kita mampu menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah maka masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut akan menghirup udara yang segar, jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang melekat dengan curah hujan tinggi seperti DBD, malaria, diare, dan sebagainya, ” jelasnya.

“Saya yakin kemunculan penyakit yang identik dengan musim penghujan bisa ditekan, dengan kondisi perkampungan yang hijau dan asri,” ungkapnya

Sejatinya lanjut sekdes, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat, contoh terkecilnya ucap dia, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Wujudkan Desa Lae Balno selalu bersih, sehat, aman dan nyaman, seluruh kelompok masyarakat dapat ikut bersama-sama membiasakan diri dalam pola hidup bersih dan sehat,” harapnya,” Sekdes desa lae balno bapak ponisan barasa.(***)

Pewarta : Khalikul Sakda Berutu.

Mungkin Anda Menyukai