Pemdes Suka Damai Salurkan BLT DD Triwulan Ke-II Tahun 2024.

Aceh Singkil, wartapolri.com – Pemerintah Desa Suka Damai melaksanakan kegiatan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT) Dana Desa (DD) Tahap II dari bulan April hingga Juni Tahun 2024 oleh Pemerintah Desa Suka Damai, Adapun jumlah penerima sebanyak 33 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Jum’at (14/06/2024)

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program tindak lanjut dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat dan diputuskan melalui musyawarah Desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peratuan perundang-undangan. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Desa Suka Damai.

Pengarahan dari bapak Kepala Desa Suka Damai, Ali Hasmi, dimana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem: Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem di Desa. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang diberikan kepada keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 25% (persen) dari total Pagu dana Desa setiap Desa sehingga di desa Suka Damai sendiri menyalurkan BLTDD dengan nominal Rp.300.000/bulan dan di berikan setiap tiga bulan, sehingga total di terima masing-masing warga sasaran sejumlah Rp.900.000/ triwulan.

Kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap II tahun 2024 adalah sebagai berikut :

1. keluarga miskin yang berdomisili di Desa Suka Damai, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem;

2. keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis;

3. keluarga dengan anggota rumah tangga lanjut usia/ Lansia.(***)

Pewarta : Khalikul Sakda Berutu..

Mungkin Anda Menyukai