Donor Darah di Hari Bhayangkara ke-78, Polres Langsa Perkuat Sinergi Masyarakat

Langsa, wartapolri.com – Dalam semangat kebersamaan dan solidaritas, Polres Langsa menyelenggarakan acara Bakti Kesehatan Donor Darah dan Pengumpulan Data Base Golongan Darah Anggota Polri untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Kegiatan yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Langsa pada Selasa (25/6/2024) ini mengusung tema “Menuju Indonesia Emas: Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, SIK, SH, MH, Wakapolres Langsa Kompol Dheny Firmandika, S.Ab., S.I.K., serta Ketua Bhayangkari Cabang Langsa Ny. Riska Andy Rahmansyah. Turut hadir pula berbagai anggota Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Bhayangkari, dan tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mendukung kesehatan masyarakat serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah. “Kami berharap melalui kegiatan ini, kita dapat memberikan kontribusi nyata bagi kesehatan masyarakat dan memastikan ketersediaan darah di rumah sakit,” ujarnya.

Kegiatan Penuh Manfaat dan Solidaritas Donor darah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah yang seringkali meningkat dan membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Selain itu, pengumpulan data base golongan darah anggota Polri akan sangat berguna dalam keadaan darurat, mempermudah proses pencarian donor yang cocok.

Acara ini memperlihatkan sinergi kuat antara berbagai elemen masyarakat, termasuk TNI, Dinas Perhubungan, dan Bhayangkari. Partisipasi aktif dari berbagai pihak menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan Indonesia yang lebih sehat dan inklusif, sesuai dengan tema besar Hari Bhayangkara tahun ini.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Polres Langsa berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkala, tidak hanya untuk memperingati Hari Bhayangkara, tetapi juga sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Polri kepada masyarakat.

Tahapan dalam pelaksanaan donor darah dimulai dengan pendaftaran, pengisian formulir oleh para peserta, pemeriksaan tensi, kadar hemoglobin (HB), golongan darah, anamnesa, screening kesehatan, dan dilanjutkan dengan pengambilan darah pendonor. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 250 orang ini berlangsung dengan aman dan lancar hingga selesai pada pukul 10.00 WIB.

Momen Bersejarah dan Inspiratif, Acara ini tidak hanya menjadi momen penting dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78, tetapi juga sebagai bukti nyata kepedulian Polri terhadap kemanusiaan. Dengan tersedianya pasokan darah yang aman dan cukup, diharapkan kebutuhan medis masyarakat dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Semangat kebersamaan yang tercermin dalam acara ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berkontribusi dalam kegiatan sosial dan kesehatan, menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan sehat di masa depan.

(Sayid Muhammad)

Mungkin Anda Menyukai